Wednesday, February 18, 2009

Jambu Biji , kandungan vitamin Cnya banyak lho……

Buah satu ini sangat akrab dengan kehidupan kita sehari-hari, mudah ditemui namun tidak begitu banyak orang yang menyukainya. Mungkin hal ini karena orang sudah termakan dengan anggapan bahwa buah satu ini menyebabkan orang jadi mudah untuk BAB tapi tahukah bahwa buah ini memiliki banyak manfaat.

Secara taksonomi buah jambu tergolong dalam famili Myrtaceae, genus Psidium, spesies guajava maka dalam bahasa latin disebut Psidium guajava. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai guava dan di Indonesia disebut jambu klutuk atau jambu biji.

Jambu biji ini buah yang sangat istimewa karena memiliki kandungan zat gizinya yang tinggi, seperti vitamin C, potasium, dan besi. Selain itu, juga kaya zat nongizi, seperti serat pangan, komponen karotenoid, dan polifenol. Buah jambu biji bebas dari asam lemak jenuh dan sodium, rendah lemak dan energi, tetapi tinggi akan serat pangan.

Jambu biji mengandung vitamin C buah sekitar 87 mg, dua kali lipat dari jeruk manis (49 mg/100 g), lima kali lipat dari orange, serta delapan kali lipat dari lemon (10,5 mg/100 g). Jika dibandingkan dengan jambu air dan jambu bol, kadar vitamin C jambu biji jauh lebih besar, yaitu 17 kali lipat dari jambu air (5 mg/100 g) dan empat kali lipat dari jambu bol (22 mg/100 g).

Selain berfungsi sebagai antioksidan, dalam dosis tinggi vitamin C dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan berbagai infèksi. Dengan demikian, kita tidak mudah menjadi sakit, seperti flu, batuk, demam, dan lain-lain. Vitamin C berperan juga untuk menjaga dan memacu kesehatan pembuluh kapiler: mencegah anemia gizi, sariawan, gusi yang bengkak dan berdarah (penyakit skorbut) berperan dalam pembentukan kolagen sehingga bermanfaat dalam penyembuhan luka. Vitamin C juga membantu penyerapan zat besi dan dapat menghambat produksi nitrosamin yang merupakan zat pemicu kanker. Vitamin C juga berperan untuk pembentukan kolagen yang sangat bermanfaat untuk penyembuhan luka. Ketersediaan vitamin C, yang cukup dalam darah dapat mendorong ke selenium dalam menghambat sel kanker, terutama kanker paru-paru, prostat, payudara, usus besar, empedu, dan otak.

Dengan mengetahui manfaat vitamin C tersebut maka jambu biji yang mengandung banyak vitamin C dapat diguna sebagai pilihan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan vitamin C dalam tubuh ini lagipula buah ini mudah ditemui dan harganya relatif murah Cukup dengan mengkonsumsi 90 gram atau 2-3 buah setiap harinya sudah dapat memenuhi kebutuhan vitamin harian orang dewasan dan kebugaran tubuh.

No comments: